Selamat Datang Di Website cakapriau.com

Merespon Keluh-kesah Nelayan, Sarana Pabrik Es dan TPI di Dumai Ditingkatkan

Sabtu, 14 Agustus 2021

PEKANBARU (CakapRiau.com) – Pemerintah Provinsi Riau meningkatkan sarana dan prasarana Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Dumai, termasuk pabrik es guna mendukung kegiatan para nelayan.

Saat ini, meski dalam keterbatasan, TPI dan pabrik es di wilayah pesisir timur Riau sudah mampu memberikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp450 juta pertahunnya.

Demikian dikatakan Kepala Bidang Sumber Daya Alam (SDA) Biro Ekonomi Setdaprov Riau, OK Muhammad Doni, Sabtu (14/8/21).

Menurut Doni, peningkataan sarana dan prasarana TPI dan pabrik es tersebut, sudah disampaikan dan sedang dilakukan perhitungan kebutuhan bersama bidang terkait di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Riau.

“Alhamdulillah, apa yang dikeluhkan nelayan sudah direspon. Insya Allah tahun depan sudah tingkatkan lagi. Karena bagi nelayan, saat melaut harusnya bisa empat sampai lima hari, tapi tak bisa karena kualitas esnya,” kata OK Doni.

Mantan pejabat Humas Setdaprov Riau ini belum bisa merincikan berapa kebutuhan guna mendukung pemaksimalan pabrik es serta sarana yang ada di TPI.

Namun, diharapkan nantinya jika sarana dan prasarana sudah sesuai diharapkan nelayan. Tak hanya berkualitas pada hasil ikan tangkap. Tapi juga berdampak pada meningkatnya PAD dari sektor perikanan tersebut.

Lanjut OK Doni lagi, es-es balok yang dihasilkan dari pabrik itu, ternyata tak hanya untuk membekukan ikan selama melaut. Ternyata juga digunakan untuk berbagai kebutuhan oleh sektor usaha dan masyarakat lainnya di Dumai.

Banyaknya permintaan ditengah keterbatasan pabrik mencetak es balok yang berkualitas bisa bertahan lama juga menjadi persoalan.

“Jadi tak hanya nelayan, es-es balok yang dihasilkan di pabrik ini juga permintaan dari berbagai usaha masyarakat lainnya. Kalau sarana dan prasarananya sudah diringkatkan, selain lebih banyak menghasilkan es, es yang dicetak juga bisa berkualitas tahan lama,” papar OK Doni lagi.(PI/CKR)

Banner-Top

Baca Juga

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Whatsapp