Selamat Datang Di Website cakapriau.com

UPTD Koperasi dan UKM Mandau Taja Penyuluhan,Salah Satu Pesertanya Koperasi Milik PD IWO Bengkalis

Selasa, 21 Desember 2021

Duri(Cakap Riau.com) – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Bengkalis melalui Unit Pelayanan Teknik Dinas (UPTD) Koperasi Kecamatan Mandau menggelar penyuluhan kepada tiga koperasi sekaligus, salah satunya Koperasi Jasa Warta Online Jaya yang diinisiasi oleh Pengurus Daerah (PD) Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Bengkalis  persisnya diruang meeting lantai dua Yong Kopi kantor sekratriat PD IWO pada Selasa (21/12) pagi.

Acara penyuluhan tersebut dipandu oleh Sekretaris PD IWO Kabupaten Bengkalis.Pelaksanaan acara penyuluhan Koperasi oleh Kepala UPTD Dinas Koperasi dan UMKM Kecamatan Mandau dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid 19.

Kepala UPTD Koperasi dan UMKM Kecamatan Mandau, Lisa Mardiani menjabarkan, berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, pada pasal 1 yang berbunyi,  Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum Koperasi dengan berlandaskan kegiatannya prinsip Koperasi, sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat atas asas kekeluargaan.

“Itu sebabnya, Koperasi bukan milik pengurus, tapi milik anggota, dimana ada iuran wajib, pokok dan iuraan sukarela,” ujarnya.

Pengurus Koperasi, Ketua, Sekretaris dan Bendahara dipilih berdasarkan musyawarah dan mufakat. Begitu pun dalam menetapkan besaran nominal iuran wajib, pokok dan sukarela ditetapkan lewat kesepakatan bersama melalui musyawarah dan mufakat bersama, penasehat, pengurus dan anggota koperasi.

Selain itu, dalam struktur koperasi ada pengawas dan manajer. Khusus koperasi yang bergerak bidang simpan pinjam yang memiliki karyawan, yang mesti digaji wajib ada manajer, ulasnya.

Pengurus koperasi kata Lisa Mardiani, mesti terbuka dan transparan kepada anggota agar koperasi berjalan seperti yang diharapkan bersama.

Dicontohkan istri Kompol Daud Sianturi, koperasi cukup banyak di Kabupaten Bengkalis, totalnya mencapai 280 koperasi, tapi antara koperasi yang aktif dan tidak aktif berimbang, sebab koperasi yang aktif sebanyak 160 dan koperasi yang tidak aktif jumlahnya 120.

Untuk itu, koperasi kalau ingin tetap eksis dan aktif mesti melaporkan kegiatan setiap tahun lewat Rapat Akhir Tahun (RAT) kepada Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bengkalis.

“Dinas Koperasi Kabupaten Bengkalis bakal memfasilitasi pelatihan-pelatihan kepada pengurus koperasi setiap tahun, tujuannya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) pengurus koperasi, endingnya agar lebih profesional dalam mengelola koperasi sebagai lembaga gerakan ekonomi rakyat,” bebernya.

Sebelumnya, Sekretas PD IWO Kabupaten Bengkalis, Subani mengajak peserta penyuluhan yang diikuti tiga koperasi berjumlah 30 orang lebih ini serius dalam mengikuti penyuluhan yang ditaja UPTD Koperasi dan UMKM Kecamatan Mandau.

Menurut Bani sapaan akrabnya, penyuluhan oleh Kepala UPTD Koperasi dan UMKM Kecamatan Mandau, Lisa Mardiani sangat penting bagi pengurus dan anggota koperasi, sehingga mengerti dan memahami hak dan kewajibannya.

Diketahui, pada sesi tanya jawab antara peserta penyuluhan dan Kepala UPTD Koperasi dan UMKM Kecamatan Mandau suasananya cukup akrab. Ketua PD IWO Kabupaten Bengkalis, Sahdan Lubis pertanyakan seperti apa proses penetapan besaran iuran wajib, pokok dan sukarela dalam koperasi.

Kepala UPTD Koperasi dan UMKM Kecamatan Mandau, Lisa Mardiani lewat salah seorang Stafnya secara detil dan konkrit memberikan penjelasan soal penetapan iuran wajib, pokok dan sukarela koperasi, sehingga peserta penyuluhan, meliputi pengurus dan anggota dari tiga koperasi dengan mudah mengerti dan memahami hak dan kewajibannya.

Kepala UPTD Koperasi dan UMKM Kecamatan Mandau, Lisa Mardiani berharap khusus kepada pengurus tiga koperasi yang sudah mengikuti penyuluhan ini dapat mengelola koperasi sesuai peraturan dan perundang-undangan koperasi yang berlaku saat ini.

Koperasi Jasa Warta Online Jaya

Sekilas tentang “Koperasi Jasa Warta Online” yang diinisiasi PD IWO Kabupaten Bengkalis. Sesuai namanya, Koperasi ini bergerak bidang Jasa, berdiri di penghujung tahun 2021 ini diharapkan mampu mengungkit dan mendorong kesejahteraan anggota umumnya pewarta online yang tergabung dalam PD IWO Bengkalis.

“Koperasi ini lahir buah dari kebersamaan lewat musyawarah dan mufakat para pewarta online yang tergabung dalam PD IWO Kabupaten Bengkalis. Untuk itu, pengurus koperasi mesti amanah dalam menakhodai “Koperasi Jasa Warta Online Jaya” agar benar-benar menjadi motor penggerak ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan para pewarta online,” sebut Ketua PD IWO Kabupaten Bengkalis, Sahdan Lubis singkat.(CKR)

Banner-Top

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Whatsapp