Selamat Datang Di Website cakapriau.com

Kunker ke Riau, Mensos Kucurkan Beragam Bantuan, Ini Rinciannya

Rabu, 1 September 2021

PEKANBARU (CakapRiau.com) – Menteri Sosial Tri Rismaharini secara simbolik menyerahkan berbagai macam bantuan saat melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Provinsi Riau, Selasa (31/8/2021).

Diantara adalah bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) dari Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial antara lain berupa nutrisi anak, makanan bergizi, susu, vitamin, perlengkapan dan kebersihan diri, baby kit, family kit, masker, hand sanitizer, barang harian, usaha jus, papan bunga, ternak ayam, ternak kambing, usaha pemeliharaan ikan, sembako, dan tongkat penuntun adaptif.

Bantuan diberikan melalui Balai Anak Abiseka, Balai Residen Insyaf, Balai Karya Bahagia, Balai Disabilitas Budi Perkasa, Balai Disabilitas Melati, dan Balai Disabilitas Dharma Guna yang menjangkau 257 penerima manfaat dengan nilai total Rp 332.982.800.

Selain itu diserahkan pula bantuan Program Kewirausahaan Sosial (ProkUS) dari Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial berupa bantuan Bina Usaha ProkUS Adaptif untuk Wirausaha “Satu Arah” di Kabupaten Bengkalis bagi 50 UMKM dengan total senilai Rp50.000.000′

Kemudian Bantuan Bina Usaha ProkUS Adaptif untuk wirausaha Koperasi Tinera Jaya Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak untuk 50 UMKM dengan total bantuan Rp50.000.000; dan Bantuan Bina Usaha ProkUS Adaptif untuk Wirausaha PKK Kecamatan Kulim, Kota Pekanbaru bagi 25 UMKM dengan total bantuan Rp25.000.000.

“Total bantuan Program Kewirausahaan Sosial (ProkUS) yang kami salurkan sebesar Rp122 juta,” kata Menteri Risma didampingi Gubernur Riau Syamsuar dan Walikota Pekanbaru, Firdaus MT.

Selain itu, kata Risma .elalui Karang Taruna juga diserahkan secara simbolis bantuan kewirausahaan untuk Karang Taruna Rejosari di Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru sebesar Rp27.050.000.

Karang Taruna Pebatuan Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru sebesar Rp. 39.200.000. Karang Taruna Umbansari Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru sebesar Rp28.588.000. Karang Taruna Perpati di Kab. Kepulauan Meranti senilai Rp25.000.000. Total bantuan bantuan kewirausahaan untuk Karang Taruna sebesar Rp119.838.000.

Lalu ada juga bantuan vitamin dan masker untuk 12 Kab/Kota di Provinsi Riau dengan total bantuan 15.240 paket (1.270 paket/kab/kota). Kemensos melalui Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial memberikan bantuan stimulan senilai Rp2,5 juta untuk dua Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH).

“KPM PKH graduasi tersebut adalah Diana Efendi, warga Kelurahan Meranti Pandak, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru. Perempuan yang masuk kepesertaan PKH pada tahun 2018 ini, mengembangkan usaha jualan gorengan dengan omset Rp3 juta/bulan. Kini ia sudah memiliki rumah sendiri dan satu unit motor,” kata Risma.

KPM PKH graduasi kedua adalah Syafriana, warga Kelurahan Meranti Pandak Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru. Peserta PKH tahun 2013 ini sukses berjualan pulsa dan jualan BBM eceran, dengan penghasilan Rp2.500.000/bulan. Saat ini Ia memiliki rumah milik sendiri, dan satu unit motor.(PI/CKR)

Banner-Top

Baca Juga

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Whatsapp