Selamat Datang Di Website cakapriau.com

Pernah Bebaskan Anak Bonai dari Buta Huruf, Polisi ini Digelari Datuk Setya Hukum Amanah

Selasa, 23 November 2021

ROHUL (CakapRiau.com) – Lembaga Adat Suku Bonai menganugerahkan gelar “Datuk Setya Hukum Amanah Bonai” kepada Kapolsek Bonai Darussalam, Polres Rokan Hulu (Rohul) IPTU Suheri Sitorus dari Lembaga Adat Suku Bonai, Ahad (21/11/2021) sekitar pukul 20.00 Wib, di Aula Kantor Desa Bonai, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rohul.

Gelar adat itu diberikan sebagai bentuk penghargaan masyarakat Bonai atas jasa IPTU Suheri Sitorus yang telah membebaskan anak-anak Bonai dari buta huruf dan juga rumah sehat narkoba bagi pecandu narkoba.

Penganugerahan gelar adat diberikan Ketua Lembaga Adat Suku Bonai Datuk Mojopati, disaksikan Ninik Mamak 3 Suku Desa Bonai, Ninik Mamak 3 Suku Dusun 1 Jurong dan Ninik mamak 3 Suku Desa Kasang Padang.

Selain itu ikut menghadiri, Danramil 10 KDS, diwakili Babinsa Desa Bonai Peltu M Sitepu, Kades Bonai Rais AM, Datuk Majopati Jondrizal, Kemudian, Ninik Mamak Suku Melayu Tamrin, Mamak Tungkek Dalimi, Ninik Mamak Suku Domo Asri, Mamak Tungkek Zulfan, Ninik Mamak Suku Mandailing Musriadi, Mamak Tungkek Kamarudin dan sejumlah pucuk suku di Kecamatan Bonai Darusalam.

Dalam kesempatan tersebut, Datuk Majopati menyampaikan pemberian gelar adat dari Lembaga Adat Suku Bonai kepada Kapolsek Bonai Darussalam IPTU Suheri Sitorus merupakan penghargaan Masyarakat Bonai dalam membina masyarakat Suku Bonai dan suku Sakai yang dilakukan IPTU Suheri Sitorus dari tahun 2011 sampai saat ini.

“IPTU Suheri Sitorus merupakan sosok Anggota Polri yang berprestasi dan peduli terhadap anak kemanakan Suku Bonai yang putus sekolah dan dibiayai Kapolsek Bonai Darussalam,” kata Datuk Majopati

Selain itu, Datuk Majopati, menjelaskan IPTU Suheri Sitorus melakukan pembinaan terhadap anak kemanakan Suku Bonai yang kecanduan Narkoba.

“Dengan cara dikumpulkan di Rumah Sehat Polsek Bonai Darussalam dan diberikan pembinaan- pembinaan agar dapat berhenti mengkonsumsi Narkoba,” paparnya lagi.

“Dengan diberikannya gelar Adat Datuk Setya Hukum Amanah Bonai kepada IPTU Suheri Sitorus, guna mempererat tali silaturahmi rengan Masyarakat Suku Bonai,” terangnya lagi.

Sementara itu di tempat yang sama, Kepala Desa Bonai Rais AM mengucapkan kepada Kapolsek Bonai Darussalam IPTU Suheri Sitorus atas penganugerahan gelar Adat Datuk Setya Hukum Amanah Bonai dari Lembaga Adat Suku Bonai Kecamatan Bonai Darussalam.

Kapolsek Bonai Darussalam IPTU Suheri Sitorus, turut mengucapkan terimakasih kepada lembaga Adat Suku Bonai atas kepercayaan dan amanah yang diberikan kepadanya.

“Semoga ke depannya saya dapat menjalankan amanah ini dengan penuh rasa tanggungjawab,” kata dia.

IPTU Suheri Sitorus, sejak tahun 2011 berdinas di Kecamatan Bonai Darussalam, saat bertugas, ia banyak melihat anak-anak Bonai yang tidak bisa membaca dan Terpanggil untuk mengabdikan diri mengajar membaca bagi anak-anak Bonai.

“Sehingga saya selalu memberikan waktu anak kemanakan suku Bonai untuk mengajar masyarakat Suku Bonai dan suku Sakai yang buta huruf agar kedepannya anak kemanakan Suku Bonai dapat lebih maju lagi,” terangnya.

Sempat di mutasi di beberapa tempat, pada bulan September 2021 Suheri Sitorus kembali ke Kecamatan Bonai Darussalam sebagai Kapolsek Bonai Darussalam. Saat menjabat kapolsek, ia melihat banyaknya Remaja di Bonai Darusalam yang menjadi pencandu narkoba.

“Kemudian saya berinisiatif membuat rumah Sehat Polsek Bonai Darussalam yang bertujuan untuk menampung anak kemanakan Suku Bonai untuk dibina agar terlepas dari kecanduan Narkoba,” tuturnya.(PI/CKR)

Banner-Top

Baca Juga

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Whatsapp