Selamat Datang Di Website cakapriau.com

Modal Sepatu Pinjam, Alex Atlet SOIna dari Meranti Persembahkan Emas

Senin, 11 Oktober 2021

PEKANBARU (CakapRiau.com) – Alex Iskandar adalah seorang tunagrahita. Remaja 17 tahun ini duduk di bangku kelas satu SMA di Sekolah Luar Biasa (SLB) Sekar Meranti. Ia Atlet atletik perwakilan Kabupaten Kepulauan Meranti Riau. Meraih medali emas pada cabang olahraga (Cabor) lari 100 meter.

Kondisi terbatas dialami Alex ketika mengikuti Pekan Olahraga Daerah (Porda) ke-6 Special Olympics Indonesia (SOlna) Provinsi Riau 2021, di Kota Pekanbaru, Sabtu (9/10/2021). Kemudian, sempat viral di sejumlah media massa, lantaran Alex bertanding lari dengan memakai sepatu pinjam.

Diceritakan Ketua SOIna Kepulauan Meranti, Syafrizal, Alex menempuh pendidikan di SLB Sekar Meranti. Lokasinya berada di pelosok Riau, yakni di Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, sebuah pulau yang ada di semenanjung Selat Malaka.

Alex tingal di Desa Sialang Pasung, Kecamatan Rangsang Barat. Ia berasal dari keluarga yang jauh dari kata mampu.

“Ayahnya bekerja sebagai buruh serabutan, sedangkan ibunya menderes karet dan mencuci pakaian orang. Penghasilannya tak menentu. Jadi, mereka tak ada biaya untuk membelikan Alex sepatu buat tanding ke Pekanbaru,” kata Syafrizal, ketika diwawancarai wartawan, Sabtu (10/10/2021).

Alex berangkat dari Kepulauan Meranti dengan segala keterbatasan perlengkapan bertanding. Mulai dari tak punya sepatu, seragam hingga minim biaya transportasi. Namun, keterbatasan itu membawa atlet meraih medali emas.

Dengan tekat dan semangat yang kuat, imbuh Syafrizal, akhirnya Alex berhasil menyumbang medali emas untuk Kepulauan Meranti.

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur Alex mampu meraih medali emas pada cabang olahraga lari 100 meter,” ucap Syafrizal.

Alex Iskandar menerima bantuan dari Gubernur Riau

Terpisah sebelumnya, mengetahui kondisi ini, Gubernur Riau, Syamsuar, telah memberikan sejumlah bantuan uang tunai dan perlengkapan olahraga kepada atlet SOIna Kabupaten Kepulauan Meranti.

Bantuan berupa uang sejumlah 1 juta rupiah dan sepatu olahraga serta satu set training. Diberikan kepada Alex. Diserahkan langsung oleh Ketua Pengprov SOIna ibu Novilia kepada Atlet dan didampingi oleh pelatih.

“Selain itu, juga diberikan bantuan sebesar 500 ribu rupiah kepada dua orang atlet Kabupaten Kepuluan Meranti untuk pembelian sepatu. Agar atlet-atlet bisa semangat berlatih,” kata Syamsuar, Minggu, (10/10/2021) melalui sambungan telepon.

Gubernur Riau H Syamsuar (jaket kuning) ketika menemui atlet SOIna Kepuluan Meranti di Pelabuhan Tanjung Buton, Siak, Minggu (10/10/2021)

Diungkapkan Syamsuar, disaat melaksanakan kunker di Pelabuhan Buton, Minggu, (10/10) ia menyempatkan diri menemui rombongan atlet SOIna Kepuluan Meranti. Sembari memberi semangat dan kembali memberikan bantuan uang tunai.

“Barusan kami juga bertemu rombongan atlet SOIna Kepuluan Meranti di Pelabuhan Tanjung Buton. Semoga bantuan kami berikan bisa bermanfaat,” ucapnya.(PI/CKR)

Banner-Top

Baca Juga

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Whatsapp