Selamat Datang Di Website cakapriau.com

Puncak Acara Forest Art Danau Zamrud Berisikan Pesan Selamatkan Hutan

Kamis, 23 Desember 2021

PEKANBARU (CakapRiau.com) – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar menghadiri puncak acara Forest Art Danau Zamrud di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Rabu (22/12/2021) malam.

Dalam kegiatan ini, Menteri LHK masih didampingi langsung oleh Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar! Nasution dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau, Mamun Murod.

Dalam sambutannya, Wagubri mengatakan acara Forest Art Danau Zamrud ini merupakan bagian dari serangkaian upaya penguatan kepedulian untuk mewujudkan kelestarian alam dan lingkungan hidup.

“Kami menyambut baik dan menyampaikan penghargaan kepada Pemkab Siak, atas inisiasi kegiatan Forest Art Danau Zamrud, diharapkan dapat menjadi agenda tahunan,” kata Wagubri.

Kegiatan ini, lanjutnya, merupakan aksi bersama dan kolaborasi antara unsur pemerintah daerah, seniman dan komponen masyarakat terkait lainnya. Juga, merupakan ungkapan ekspresi keprihatinan para Budayawan dan Seniman akan kondisi lingkungan hidup dan sumberdaya hutan yang terancam.

Serta, berisi pesan dan ajakan bagi para pemangku kepentingan untuk lebih serius dan fokus dalam upaya penyelamatan dan pelestarian lingkungan hidup dan kehutanan sebagai sistim penyangga kehidupan.

“Inisiatif ini sejalan dengan komitmen Pemprov Riau untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan pengelolaan sumber daya hutan, sehingga memberi manfaat bagi kesejahteraan secara! berkelanjutan. Kualitas pengelolaan sumber daya alam yang termuat dalam perencanaan pembangunan daerah harus lebih baik, dengan memperhatikan kemampuan Daya Dukung dan Daya Tampung lingkungan hidup,” kata Wagubri.

Imbuhnya, perencanaan pembangunan daerah yang mempertimbangkan aspek aspek lingkungan hidup, dimaksudkan agar fungsi sumber daya alam dan lingkungan dapat kita nikmati secara berkelanjutan dari generasi ke generasi. Kebijakan perencanaan! pembangunan harus dapat diarahkan pada prinsip Pembangunan Rendah Karbon dan upaya Restorasi Ekosistim.

Tidak kalah pentingnya, kemandirian ekonomi masyarakat juga menjadi fokus perhatian untuk dikembangkan, melalui kesempatan kerja dan peluang usaha yang produktif dengan memanfaatkan potensi alam, termasuk sumberdaya hutan dan praktek kearifan lokal masyarakat.

“Komitmen inilah yang dicanangkan oleh Bapak Gubernur Riau sebagai Tujuan Pembangunan Riau Berwawasan Lingkungan atau Riau Hijau,” jelasnya.(PI/CKR)

Banner-Top

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Whatsapp