Selamat Datang Di Website cakapriau.com

Kasus Covid-19 di Riau Tinggi, Presiden Bantu Vaksin dan Oxygen Concentrator

Minggu, 15 Agustus 2021

PEKANBARU (CakapRiau.com) – Presiden Joko Widodo, langsung merespon permintaan Gubernur Riau Syamsuar, untuk penambahan vaksin bagi serta obat-obatan bagi masyarakat Riau.

Dijadwalkan vaksin tersebut akan sampai di Pekanbaru, siang ini, Minggu (16/8/2021) yang diangkut menggunakan pesawat hercules.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, mengatakan, bantuan vaksin dan obat-obatan dari pemerintah pusat, sesuai dengan permintaan Gubernur.

“Insya Allah siang ini ada tambahan vaksin dari Pemerintah pusat. Pak Presiden langsung merespon Pak Gubernur saat acara di Dumai, apa yang menjadi kekurangan Riau dalam mengatasi Covid-19. Alhamdulillah di respon, untuk jumlahnya belum tau berapa,” kata Kadiskes Riau, Mimi Yuliani Nazir.

Dijelaskan Mimi, selain vaksin, yang jelas dibantu pemerintah pusat berupa Oxygen Concentrator, dan obat bagi masyarakat yang menjalani isolasi mandiri di rumah. Oxygen Concentrator, bermanfaat bagi pasien yang mengalami sesak.

“Yang jelas bantuan Oxygen Concentrator 100 unit, ini diperuntukkan bagi pasien dengan pernafasan yang cukup berat. Selanjutnya 100 paket isoman 1,100 paket isoman 2, dan 100 paket untuk psien isoman 3,” ungkap Mimi.

Untuk jumlah vaksin yang telah diterima Riau selama program vaksinasi, Mimi menjelaskan masih mendata seluruh Kabupaten Kota yang telah menjalani vaksin, setelah mendapatkan vaksin.

Untuk saat ini antusias masyarakat cukup tinggi untuk divaksin, sehingga dibutuhkan vaksin yang cukup banyak.

“Untuk vaksin sekarang masih terus berjalan, di Kabupaten Kota. Sesuai dengan target masyarakat harus divaksin 70 persen dari jumlah penduduk Riau. Mudah-mudahan tercapai, sekarang sudah ada yang selesai vaksin pertama dan vaksin kedua,” tuturnya.

Sebelumnya, usai melepas Merdeka Ekspor Pertanian Tahun 2021 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu (14/8/2021). Presiden RI Joko Widodo menghubungi Gubernur Riau, Syamsuar. Jokowi menanyakan terkait penanganan Covid-19 di provinsi yang dijuluki Negeri Lancang Kuning itu.

Usai menerima telepon dari Jokowi, Syamsuar menceritakan, kalau Presiden bertanya kebutuhan di Riau dalam upaya penanganan Covid-19.

“Baru saja Pak Presiden menelepon saya dan bertanya bagaimana penanganan Covud di Riau. Apa yang bisa dibantu?. Lalu, Saya menjawab, yang perlu dibantu saat ini adalah vaksin. Karena masyarakat Riau sangat antusias sekali ikut vaksinasi,” kata Gubernur Riau, usai mengikuti acara Merdeka Ekspor Pertanian, di Pelabuhan Pelindo I Dumai.

“Sehingga, tadi Bapak Presiden menyampaikan kepada saya, kalau ia akan mengirimkan vaksin, obat-obatan. Bahkan beliau juga akan membantu oksigen concentrator,” ungkap Syamsuar.

Dijelaskan Gubernur Riau ini, bahwa kondisi saat ini, di Riau sangat membutuhkan oksigen concentrator, lantaran berada di daerah kepulauan.

Lebih lanjut Syamsuar mengungkapkan, saat ini Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) provinsi Riau sedang gencar-gencarnya melaksanakan program vaksinasi. Namun, lantaran jumlah stok vaksin terbatas banyak masyarakat yang belum divaksin.

“Kami bersama Pak Kapoda Riau, Pak Danrem, dan Pak Kajati dan Forkompimda lainya sedang giat-giatnya melaksanakan vaksinasi bagi masyarakat. Tapi karena jumlah vaksin terbatas, jadi kewalahan,” tuturnya.(PI/CKR)

Banner-Top

Baca Juga

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Whatsapp