Selamat Datang Di Website cakapriau.com

Satu-satunya di Indonesia, RS Pemerintah Dengan Pelayanan Sport Injury Center ada di Riau

Jumat, 5 November 2021

PEKANBARU (CakapRiau.com) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Provinsi Riau satu-satunya rumah sakit pemerintah di Indonesia yang sudah memiliki pelayanan Sport Injury Center.

Sport Injury Center ini pelayanan terpadu kepada atlet maupun non atlet yang mengalami cidera akibat olahraga. Penanganan cidera olahraga atlet sedikit berbeda dengan penanganan non atlet.

Tentu keberadaan Sport Injury Center ini tak lepas dukungan RSUD Arifin Achmad dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau meningkatkan pelayanan. Hal ini sebagai komitmen agar penanganan atlet mengalami cindera olahraga semakin baik.

“Sepengetahuan saya belum ada Sport Injury Center sekelas rumah sakit pemerintah daerah di Indonesia,” kata Dokter Spesialis Ortopedi Konsultan Sport Injury RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau, dr Romy Deviandri Sp.OT (K) Sports M.Kes, AIFO, Rabu (4/11/2021).

Namun, untuk rumah sakit swasta, kata Romy, ada beberapa rumah sakit di Jakarta yang menangani cidera olahraga secara profesional.

“Sehingga banyak klub-klub sepak bola yang ketika atletnya mengalami cidera olahraga merujuk ke rumah sakit swasta tertentu di Jakarta,” ujarnya.

Bahkan di Provinsi Riau, lanjut dr Romy, hanya di RSUD Arifin Achmad Riau saja yang memiliki Sport Injury Center.

“Karena untuk menjadi Sport Injury Center tidak hanya ada dokter konsultan saja, karena penanganan cidera olahraga bukan hanya saat operasi, namun harus ada pengananan sebelum dan pasca operasi,” terangnya.

“Jadi untuk di Riau belum ada yang bisa melakukan tindakan itu (operasi cidera olahraga). Insya Allah Sport Injury Center RSUD Arifin Achmad Riau bisa menjadi inisiator,” sambungnya.

Namun, tambah dr Romy, sebenarnya rumah sakit pemerintah tidak kalah dengan rumah sakit swasta, asalkan ada keinginan dan kerjasama untuk mewujudkan Sport Injury Center.

“Semoga kedepan kita bisa bersinergi dengan pemangku kepentingan olahraga, sehingga penanganan cidera olahraga di Riau khususnya dan Indonesia umumnya bisa lebih baik,” tutupnya.(PI/CKR)

Banner-Top

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Whatsapp