PJID kabupaten Rokan Hulu Resmi di lantik

Selasa, 31 Mei 2022

Rohul(Cakap Riau.com)- sempat tertunda, Perkumpulan Jurnalis Indonesia Demokrasi (PJI Demokrasi) Kabupaten Rokan Hulu, akhirnya resmi dilantik bersama empat pengurus kabupaten/kota lainnya periode 2021-2024, di Ameera Hotel Pekanbaru, Senin (30/5/2022).

Pelantikan itu dihadiri Ketua Umum PJI Demokrasi yang diwakili oleh Ketua OKK, Suwandi Erikson Nababan, SH, Penasehat DPD PJI Demokrasi Riau sekaligus Direktur PJC, Drs. Wahyudi Panggabean, SH, Ketua PWI Rokan Hulu, Amin Syukri, serta sejumlah pengurus DPD PJI Demokrasi Riau.

Selain DPC PJI Demokrasi Rokan Hulu, di waktu bersamaan empat pengurus DPC kabupaten/kota lainnya juga ikut dilantik, yaitu DPC PJI Demokrasi kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, Indragiri Hilir dan kota Dumai.

Ketua PJI-Demokrasi Riau, Jetro Sibarani, SH., MH dalam sambutannya mengatakan, pelantikan lima DPC ini menjadi bukti dan warna baru organisasi profesi wartawan di Riau.

Dia berharap kepada pengurus DPC yang baru dilantik untuk menjunjung tinggi anggaran dasar dan anggaran rumah tangga serta menjaga marwah organisasi dengan mengedepankan kode etik jurnalistik dalam menjalankan tugas.

” Selamat kepada pengurus yang baru dilantik, dengan diserahkannya bendera pataka kepada masing-masing DPC diharapkan pengurus untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya guna mengembangkan organisasi di daerah,” harap Jetro Sibarani.

Menurutnya, kehadiran PJI Demokrasi di daerah sebagai bentuk tegaknya simbol demokrasi dan kemerdekaan pers dalam menjalankan tugasnya menyajikan informasi kepada masyarakat luas.

” Jangan takut untuk menyajikan berita selama sesuai dengan fakta, berimbang dan tolak berita hoax,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, ketua OKK DPP PJI Demokrasi, Suwandi Erikson Nababan, SH mengharapkan pengurus yang dilantik dapat menjaga marwah dan nama baik organisasi di daerah masing-masing.

” Lakukan sosialisasi dan bangun komunikasi secara masif dengan semua pihak agar organisasi lebih dikenal di daerah,” harapnya.

Suwandi menegaskan, agar tidak takut mempublikasikan pemberitaan selama memenuhi kaidah kode etik jurnalistik, sesuai fakta dan berimbang. Tidak seorang pun yang bisa mengintervensi tugas seorang wartawan.

” Jangan hanya menerima press release dari humas instansi, namun juga perlu dilakukan penelusuran kebenarannya sehingga tidak terjebak dalam menyajikan informasi,” tegasnya.

Usai mengikuti prosesi pelantikan, Ketua PJI-Demokrasi Rokan Hulu, Theresia Situmorang, SH mengucapkan terima kasih atas amanah yang diberikan kepadanya untuk memimpin organisasi beberapa tahun ke depan.

Theresia bertekad melalui organisasi profesi yang dipimpinnya dapat melahirkan wartawan dan wartawati handal yang berkualitas, memiliki kapasitas dan kapabilitas di kabupaten Rokan Hulu.

” Secepatnya akan dilakukan konsolidasi organisasi dengan memperkuat SDM anggota di bidang keilmuan jurnalistik,” ujarnya.(Jefri)

Banner-Top

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Whatsapp