Selamat Datang Di Website cakapriau.com

Mahasiswa KKN UNRI Gelar Sosialisasi Pojok Baca di TK Hosanna Pinggir 

Senin, 15 Agustus 2022

 PINGGIR(Cakapriau.com)-Tim Mahasiswa/i KKN UNRI tahun 2022 dibawah bimbingan Ibu Fenny Trisnawati, S.E., M.Si.Ak menggelar sosialisasi Pojok Baca di Taman Kanak-Kanak(TK)Hosanna Pinggir,pada Rabu(03/08/2022) lalu.
 
Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh para mahasiswa berdasarkan survei yang dilakukan melalui Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019, Indonesia menempati peringkat ke-62 dari 70 negara, atau merupakan 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah.
 
Berangkat dari keresahan tersebut, mahasiswa KKN UNRI ingin meningkatkan literasi sejak dini di Kelurahan Titian Antui dengan pembuatan Pojok Baca di TK Hosanna Pinggir. Hal ini dilakukan, agar menumbuhkan ketertarikan anak sejak dini pada buku, dimulai dari buku yang bergambar dan berwarna.
 
Aderius Siburian selaku kepala sekolah TK Hosanna menyampaikan berterima kasih atas kedatangan mahasiswa Kukerta UNRI di TK Hosanna ini, dan kami merasa sangat terbantu dengan adanya program yang telah dijalankan mahasiswa UNRI.
 
Kami juga berharap dengan adanya pembuatan pojok baca ini dapat menjadi sarana dalam peningkatan literasi anak-anak di sekolah ini”, ujarnya.
 
Ada beberapa hal yang menyebabkan rendahnya tingkat literasi masyarakat Indonesia. Paling tidak ada dua hal yang menjadi faktor penyebabnya. Pertama, bahan bacaan untuk meningkatkan literasi itu kurang.
 
Faktor kedua, yang mempengaruhi tingkat literasi adalah praktik. Menurutnya, meski bahan bacaan tersedia, tetap harus didukung dengan praktik literasi yang baik dan benar. Ia mencontohkan ada gerakan literasi di sekolah atau di keluarga, tapi tidak dilakukan pendampingan dengan baik.
 
“Diharapkan kepada orang tua agar dapat membimbing anaknya dan memperkenalkan buku yang telah di sediakan di sini”,tutupnya.
 
Adapun mahasiswa KKN UNRI yang turun menggelar sosialisasi tersebut adalah Aisyah Mutiara (Pendidikan Bahasa Inggris),Alya Nabila Putri (Pendidikan Bahasa Inggris), Syifa Aidilfi Najla (Pend Bahasa Inggris),Resti Amelia (Sosiologi), Permata Dwi Tafari (Ilmu Ekonomi),Rizki Razak Putra (Manajemen),Laras Febriana (Pendidikan Matematika),Kevin Andreas (Teknologi Hasil Perikanan),Marini Rosalyn (Administrasi Bisnis) dan Theofilus Gabriel (Administrasi Publik).
 
Dikesempatan tersebut Mahasiswa kukerta UNRI sangat berharap program literasi yang telah dilaksanakan dapat bermanfaat khususnya bagi anak-anak TK Hosanna serta bisa mendorong dan memberikan suasana baru bagi anak-anak dalam membaca dan belajar.(CKR)

Banner-Top

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Whatsapp