Masyarakat Terdampak Limbah di Desa Harapan Baru, Minta Pemerintah Tutup PKS Gora 

Sabtu, 17 Desember 2022

DURI,Cakapriau.com-Sejumlah kelompok masyarakat RT 01,RT 02 RW 03 desa Harapan Baru Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau yang mengalami dampak limbah dari pengolahan kelapa sawit berondolan dilakukan oleh PT Gora,meminta Pemerintah menutup pabrik tersebut.

 
“Iya, kita minta pemerintah Kabupaten Bengkalis tegas,sekaligus menutup pks Gora tersebut,ujar salah seorang warga menyampaikan keluh kesah terkait limbah kepada media Cakapriau,Kamis(15/12/2022).
Bau limbah pengolahan sawit,abu  pembakaran yang keluar bersama asap melalui corong pembuangan,masalah kebisingan,kerap dirasakan oleh warga sekitar pabrik.Kami memiliki harapan besar kepada pemerintah Kabupaten Bengkalis agar menutup PKS Gora yang tak ramah lingkungan ini dan tak taat aturan ini.
Hal senada juga disampaikan oleh Rudi  dan Muhammad Aidil biasa dipanggilan dengan sebutan Hercules.
 
“Terkait hal ini,sebenarnya Kami warga sudah membuat surat pernyataan keberatan,penolakan terhadap pabrik pengolahan kelapa sawit brondolan PT Gora Mandau Sawit ini.Dan sudah kita sampaikan ke Bengkalis melalui dinas-dinas terkait,pada 14 November 2022,ujar mereka.
 
Masih kata kedua tomas tersebut,kenapa kami buat surat penolakan itu?,dikarenakan selama PKS Gora berdiri dan beroperasi di sekitar masyarakat,pihak management PT GMS diduga tidak ada niat baik untuk melakukan tindakan dan menjamin keamanan atas pencemaran lingkungan yang timbul dari operasinya pabrik tersebut.Kemudian ada beberapa poin lagi yang tidak pernah dilakukan pihak PT GMS.
 
Jadi inilah yang menjadi dasar kami untuk meminta Pemerintah menutup PKS GMS.Silahkan lihat,plang peringatan penghentian kegiatan di PKS Gora sudah dipasang pemerintah ,eee…masih saja berani beroperasi.Hal ini menunjukkan bahwa PKS GMS itu tak taat aturan hukum.
 
Harapan kami kepada pemerintah,mohon ketegasan dalam menegakkan aturan.Sekali lagi kami meminta pemerintah untuk menutup PKS Gora yang beroperasi diduga tanpa mengantongi izin lengkap.Tentang persolan limbahnya kami lah mengalami  dampaknya,tutup mereka.
 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis Mohammad Azmir saat dimintai tanggapan oleh Cakapriau via WhatsApp,Jumat(16/12) sekira pukul 10.00 WIB terkait keluhan warga soal limbah PKS Gora,sampai berita ini terbit belum memberikan jawab.(CKR)

Banner-Top

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8284683435_2f06eab134

Perkembangan Virus Corona

Baca Juga

8195279164_3d8dea202c

Berita Terpopuler

Whatsapp