Selamat Datang Di Website cakapriau.com

Antisipasi Bencana Longsor di Akhir Tahun, BPBD Riau Siagakan Alat Berat

Minggu, 26 Desember 2021

PEKANBARU (Cakap Riau.com) – Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Provinsi Riau meminta agar BPBD di setiap kabupaten/kota di Riau agar melakukan koordinasi intens dengan Dinas PU di masing-masing daerah, terkait antisipasi potensi bencana longsong akhir tahun 2021.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Riau Edy Afrizal mengatakan, sebelumnya pihaknya sudah melakukan pemetaan terkait potensi bencana akhir tahun di sejumlah daerah di Provinsi Riau. Adapun potensi bencana yang mungkin akan terjadi, yakni; banjir, terpaan angin puting beliung dan longsor.

“Untuk daerah yang rawan longsor juga sudah kami petakan, seperti; di Kabupaten Kampar, Kuansing dan Rokan Hulu. Daerah-daerah ini memang sering terjadi longsor saat musim hujan di akhir tahun,” katanya, Sabtu (25/12/2021)

Dia menambahkan, terkait dengan langkah koordinasi yang harus dilakukan oleh BPBD dengan Dinas PU di kabupaten/kota, tidak lain sebagai langkah antisipasi terhadap kondisi terburuk yang mungkin saja terjadi. “Artinya jika memang terjadi longsor, maka alat berat di Dinas PU bisa disiagakan,” tuturnya.

Edy menyebut sejumlah potensi bencana yang diperkirakan terjadi di Riau menjelang akhir tahun, diyakini akan sangat mengganggu aktivitas masyarakat. Dia juga meminta agar warga selalu waspada terhadap segala kemungkinan yang akan terjadi.

Terutama warga yang tinggal di wilayah pesisir untuk bersiap terhadap bencana banjir air pasang, warga yang berdomisili di bantaran sungai terhadap potensi banjir akibat intensitas curah hujan yang tinggi, serta warga yang ditingga di wilayah Riau daratan yang berpotensi akan menghadapi bencana longsor.(PI/CKR)

Banner-Top

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Whatsapp