Hari Ini Riau Nihil Titik Api, BPBD Lakukan Pendinginan Kebakaran Lahan

Kamis, 7 Oktober 2021

PEKANBARU (CakapRiau.com) – Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, M Edy Afrizal membenarkan hari ini di Riau terpantau 52 titik panas (Hotspot).

“Iya hari ini terpantau 52 titik hotspot. Tapi hanya hotspot tidak ada potensi titik api (Fire Spot),” kata M Edy Afrizal, Kamis (7/10/2021).

Sedangkan titik api sendiri, lanjut Edy Afrizal, hari ini berdasarkan laporan petugas di kabupaten/kota tidak ada (nihil).

“Titik api yang ada kemarin di Teratak Bulu dan Tapung, Kabupaten Kampar. Kemudian di Rumbai, Kota Pekanbaru.

Tapi sudah berhasil kita padamkan setelah kita turunkan helikopter water bombing,” terangnya.

Meski begitu, tambah Edy Afrizal, pihaknya hari ini tengah mengalukan pendinginan di Teratak Bulu dan Tapung. Sebab masih terdapat asap tipis di lokasi kebakaran.

“Sekarang sudah pendinginan, karena ada masih ada asap tipis, tapi apinya sudah padam,” ujarnya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat terdapat 52 titik panas atau hotspot di Provinsi Riau, Kamis (7/10/2021).

Sebanyak 52 titik panas ini tersebar di 9 wilayah dengan sebaran terbanyak itu berada di Kabupaten Siak yakni sebanyak 17 titik. Selanjutnya di Kampar 8 titik, Indragiri Hulu 6 titik, Kuantan Singingi dan Indragiri Hilir masing-masing sebanyak 5 titik.

Kemudia di Kabupaten Pelalawan terdapat 4 titik, Bengkalis dan Rokan Hulu masing-masing 3 titik dan yang terakhir adalah kabupaten Kepulauan Meranti terdeteksi satu titik.(PI/CKR)

Banner-Top

Baca Juga

Berita Terkait

Whatsapp