Proyek Pemasangan Pipa Air Bersih 6 Kecamatan di Kabupaten Rohul Hampir Rampung

Selasa, 22 November 2022

ROHUL,Cakap Riau.com– Dalam upaya pemenuhan hak pelayanan dasar publik bidang air bersih, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Rohul tahun 2022 ini kembali membangun pemasangan jaringan pipa air bersih pada enam kecamatan di daerah tersebut. Pekerjaan pemasangan pipa air bersih itu akan rampung bulan Desember tahun ini.

Kegiatan pemasangan pipa air bersih itu dikerjakan oleh pihak ketiga lewat proses lelang yang dibiayai melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Pusat tahun 2022 sebesar Rp 7 Miliar lebih.

Menurut Kepala DPKP Rohul Herry Islami ST MT, terlaksananya pekerjaan pemasangan pipa air bersih untuk enam kecamatan itu adalah berkat komunikasi dan koordinasi intensif yang dilakukan tim loby DPKP Rohul sejak tahun sebelumnya, sehingga pemerintah pusat melalui Kementrian PUPR mengucurkan dananya tahun 2022 ini.

“Ya, hal itu terlaksana berkat koordinasi dan komunikasi serta loby yang kita lakukan sehingga Pusat menganggap pemasangan jaringan pipa air bersih pada enam kecamatan itu sangat diperlukan dalam pelayanan bidang air bersih itu, Alhamdulillah dana sebesar Rp 7 miliar lebih itu telah dikerjakan untuk pemasangan perpipaan yang sebelumnya sudah melalui proses lelang di LPBJ Pemkab Rohul,” jelas Herry Islami kepada Link Rpt beberapa hari lalu.

Disebutkan Herry, enam kecamatan yang beruntung mendapatkan dana alokasi pemasangan pipa air bersih itu yakni, Kecamatan Rambah, Tambusai, Rambah Hilir, Kunto Darussalam, Rambah Samo dan kecamatan Bangun Purba.

“Kita sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat, khususnya Kementrian PUPR yang sudah mengalokasikan DAK tersebut dan tetap berharap tahun tahun selanjutnya dana itu di alokasikan untuk pembangunan jaringan sarana pra sarana air bersih, sehingga pelayanan kebutuhan air bersih di daerah ini bisa lebih kita maksimalkan,” kata Herry.

Sementara itu Kabid Cipta Karya DPKP Rohul Taufik Kurniawan ST M.Si menyebutkan saat ini pekerjaan pemasangan jaringan pipa pada enam kecamatan itu oleh rekanan kontraktor sudah hampir rampung dengan progres pekerjaan sudah diatas 80 persen.

“Insya Allah pekerjaan pemasangan jaringan pipa air bersih pada enam kecamatan itu akan rampung sesuai schedul kontrak sampai akhir Desember tahun ini, apalagi progres pekerjaannya saat ini sudah diatas 80 persen,” kata Taufik didamping Paskah Candra ST, Juli Mardiansyah ST MT dan Sri Dayuli ST selaku PPK dan PPTK kegiatan tersebut.

Dijelaskannya, panjang pemasangan pipa air bersih itu bervariasi antar 6 kecamatan itu, yakni antara 1 kilometer sampai 3 kilometer, demikian juga dengan alokasi dana yang dihabiskan sesuai
jelaskannya, panjang pemasangan pipa air bersih itu bervariasi antar 6 kecamatan itu, yakni antara 1 kilometer sampai 3 kilometer, demikian juga dengan alokasi dana yang dihabiskan sesuai penawaran rekanan yakni antara Rp.1 miliar, Rp.1,3 M dan Rp 1,6 M

“Kepada rekanan pembangunan Jaringan pipa distribusi air bersih di 6 kecamatan itu, kita berharap dan mengingatkan mereka untuk tetap bekerja sesuai kontrak kerja yang telah dibuat, sehingga kualitas dan kuantitas pekerjaan bisa dipertanggung jawabkan,” kata Taufik.(Jefri)

Banner-Top

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Whatsapp