Selamat Datang Di Website cakapriau.com

Status PPKM Kabupaten dan Kota di Riau Sudah Level 2a

Rabu, 6 Oktober 2021

PEKANBARU (CakapRiau.com) – Kasus penambahan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Provinsi Riau dalam setiap harinya terus mengalami penurunan. Namun, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten/Kota provinsi yang dijuluki Negri Lancang Kuning itu, masih berada di level 2.

Peta Zonasi Risiko daerah dihitung berdasarkan indikator-indikator kesehatan masyarakat dengan menggunakan skoring dan pembobotan atau sesuai dengan kriteria level situasi pandemi berdasarkan asesmen oleh Kementerian Kesehatan.

Sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 48 Tahun 2021, jika status PPKM kabupaten/kota berada di level 2, untuk turun ke level 1, jumlah capaian vaksinasi dosis pertama harus tercapai 70 persen. Kemudian, untuk capaian vaksinasi dosis 1 bagi lanjut usia di atas 60 tahun, minimal sebesar 60 persen.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, mengatakan, PPKM level 2 di Provinsi Riau masih terus berlanjut. Sesuai dengan hasil evaluasi yang telah disampaikan oleh Pemerintah pusat. Namun untuk kasus COVID-19 di Provinsi Riau sudah melandai. Untuk turun level ke level 1, perlu digesa pelaksanaan vaksinasi.

“PPKM di Provinsi Riau masih level 2, belum turun ke level 1. Kalau dilihat dari Inmendagri, untuk turun level dari 2 ke level 1 capaian vaksinasi mencapai 70 persen dari jumlah penduduk. Dan kita baru mencapai 33 persen vaksinasi dosis pertama. Makanya kita terus menggesa vaksinasi bagi masyarakat Riau, terutama di Kabupaten Kota,” ujar Mimi Yuliani Nazir, Selasa (5/10)

“Selain menggesa persentase vaksin, masyarakat juga harus tetap waspada dengan selalu menerapkan protokol kesehatan, selalu memakai masker selama masih pandemi COVID-19, tetap menjaga jarak, dan sering mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer,” imbau Mimi.

Dijelaskan Mimi, untuk Kabupaten Kota, capaian vaksinasi dan tingkat antusias masyarakat untuk divaksin, ada di Kota Pekanbaru. Dimana capaian vaksin mencapai 69,5 persen, dan ditargetkan dalam waktu dekat mencapai 70 persen. Sementara daerah yang paling rendah capaian vaksin, Kabupaten Inhil yang baru mencapai 21,4 persen.

“Pekanbaru yang tertinggi masyarakatnya antusias untuk divaksin, dan sudah mencapai 69 persen lebih, kalau tak salah 0,5 persen lagi mencapai 70 persen. Bisa jadi Pekanbaru turun level ke level 1, dalam seminggu ini. Inhil terendah baru 21,4 persen vaksinasi dosis satu, tertinggi kedua Kota Dumai 63 persen, selebihnya dibawah 60 persen,” jelas Mimi.(PI/CKR)

Banner-Top

Baca Juga

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Whatsapp