Selamat Datang Di Website cakapriau.com

Operasi Patuh Lancang Kuning Digelar, Juga Untuk Tingkatkan Disiplin Prokes Masyarakat

Senin, 20 September 2021

PEKANBARU (CakapRiau.com) – Operasi patuh Lancang Kuning 2021, resmi dibuka dan mulai dilaksanakan Senin (20/9/2021) hingga Ahad (3/10/2021) mendatang.

Pembukaan secara resmi dilakukan Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setia Imam Efendi, di Mapolda Riau.

Kapolda mengatakan, tema yang diusung Ops Patuh Lancang Kuning tahun ini, “Melalui operasi patuh 2021 kita tingkatkan disiplin protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas dalam rangka mencegah penyebaran corona virus disease (covid 19) serta mewujudkan kamseltibcar lantas yang mantap,”.

Kapolda Riau Irjen Agung Setia Imam Effendi, dalam arahannya mengatakan, bahwa operasi patuh merupakan operasi terpusat dan dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah, untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dibidang keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Kapolda meminta, saat pelaksanannya operasi ini diharapkan dapat menjadi peningkatan disiplin masyarakat dalam menjalankan ptotokol kesehatan dan disiplin dalam berlalu lintas.

“Operasi ini dilakukan bersama sama untuk mencegah penyebaran virus COVID-19,” harap Kapolda.

Selama 14 hari pelaksanaan, seluruh personel dilapangan, jelas Kapolda akan melakukan kegiatan yang bersifat preemtif dan preventif, baik di bidang protokol kesehatan, maupun kamseltibcar lantas dengan mengedepankan giat edukatif, persuasif, simpatik dan humanis.

“Operasi ini disematkan sikap disiplin prokes, agar masyarakat bersimpati bersamaan dengan operasi dan protokol kesehatan,” jelas pria akrab disapa Agung ini.

Artinya, sambung Agung, operasi akan menyasar operasi patuh yang juga meliputi segala bentuk kegiatan masyarakat yang berpotensi menjadi cluster penyebaran COVID-19.

Kemudian, selain menindak masyarakat yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan. Kegiatan ini juga bertujuan mencegah masyarakat yang tidak disiplin dalam berlalu lintas termasuk lokasi yang rawan macet, hingga pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta rawan kerumunan.

“Kami berharap penindakan pelanggaran ini, agar operasi patuh tahun ini dapat menurunkan laju penyebaran covid-19 dan menekan jumlah korban fatalitas serta meminimalisir kemacetan lalu lintas untuk mewujudkan kamseltibcar lantas yang mantap di Riau,” harap Kapolda.

Agung juga berpesan, bagi seluruh personel yang bertugas dilapangan, agar mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan mempedomani standar operasional prosedur.

“Hindari tindakan pungli dan lakukan tugas operasi patuh lancang kuning 2021 dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat,” pesannya.

Turut menimpali, Direktur Lalu Lintas Kombes Firman Darmansyah, bahwa target yang ingin dicapai dalam operasi kali ini, sesuai dengan masa Pandemi COVID-19 yang masih terjadi.

“Target kita adalah memutus mata rantai penyebaran COVID-19 ini dan mencegah terjadinya kerumuman massa. Disamping itu juga terciptanya kamseltibcar lantas pada jalur TOL, arteri dan tempat wisata serta memperlancar arus lalu lintas, menurunkan jumlah fatalitas korban laka lantas. Dan yang paking penting adalah menurunkan level PPKM diwilayah hukum Polda Riau ini,” singkat Firman.

Banner-Top

Baca Juga

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Whatsapp