Selamat Datang Di Website cakapriau.com

Banjir di Rohul, Bantuan Logistik Pemerintah Disalurkan Bagi Warga Terdampak

Minggu, 26 Desember 2021

PEKANBARU (Cakap Riau.com) – Warga korban banjir besar yang terjadi di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) sudah bisa sedikit lega. Pasalnya bantuan dan dukungan sudah mulai dilakukan oleh pemerintah.

Wakil ketua DPRD Provinsi Riau, Syafaruddin Poti ikut turun langsung melihat keadaan dan kondisi masyarakat yang terdampak akibat musibah banjir, tepatnya di Pasir Pengaraian dan beberapa titik yang terdampak banjir.

Poti mendampingi BPBD Provinsi Riau dan Dinas Sosial Provinsi Riau memberikan bantuan dari Pemerintah Provinsi Riau berupa kebutuhan pokok dan kesehatan.

“Harapan kita semuanya semoga musibah ini cepat berlalu, amin ya Allah,” kata Poti, kepada media, Minggu (26/12/2021).

Diberitakan sebelumnya, hujan deras mengakibatkan sungai Rokan meluap. Akibatnya, sekitar 600 Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Rokan Hulu, Riau terendam banjir dan ratusan orang mengungsi ke lokasi yang lebih tinggi.

“Jumlah sementara rumah yang terendam banjir, yakni di Desa Rambah Tengah Hulu berjumlah sekitar 300 kk. Kelurahan Pasir Pengaraian berjumlah 150 kk, Desa Koto Tinggi 60 kk, Desa Pematang Berangan 90 kk, Desa Babussalam masih tahap kordinasi karena air masih bertambah,” ujar Kepala BPBD Riau Edy Afrizal, melalui keterangan tertulis kepada media, Sabtu (25/12).

Untuk daerah Kelurahan Pasir Pengaraian dan Koto Tinggi, air sudah bertahan berkurang lambat, masyarakat sudah mulai membersihkan rumahnya.

Lalu, Desa Rambah Tengah Hulu, air masih bertahan dan masyarakat masih berada di tempat yang aman, dan belum bisa kembali ke rumah masing-masing. Daerah Desa Pematang Berangan dan Desa Babussalam, air masih bertambah lambat, dan merendam jalan raya sekitar 500 m.

Saat ini tim gabungan BPBD, serta TNI Polri masih melakukan evakuasi dan kajian lokasi. Untuk desa yang terdampak parah saat ini di Pawan, Desa Rambah Tengah Barat.

“Sedangkan untuk jumlah yang terdampak masih tahap kordinasi dengan pihak desa. Banjir Pawan desa Rambah Tengah Barat akibat meluapnya sungai Pawan, ketinggian air mencapai 100 cm hingga 200 cm di permukiman warga. Saat ini Tim gabungan melakukan evakuasi warga ke tempat yang aman,” jelasnya.

Edy menjelaskan, untuk banjir di Kelurahan Pasir Pangaraian dan Koto Tinggi akibat meluapnya sungai Kaiti. Ketinggian air 60 cm hingga 90 cm di permukiman warga.

Sementara, bantuan logistik yang akan disalurkan untuk banjir Rohul 25 Desember 2021 ini, adalah 100 goodie bag, 100 kotak Mi instan, 200 liter minyak goreng, 200 kg gula, dan 200 kaleng sarden.

“Sebagian warga mengungsi ke rumah kerabat. Atas instruksi Pak Gubernur Riau Syamsuar, saya dan tim langsung turun ke lokasi,” tandasnya.(PI/CKR)

Banner-Top

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Whatsapp