Selamat Datang Di Website cakapriau.com

Spot Mancing di Sungai Rangau, Banyak Ikan Baung dan Udang Galah

Minggu, 15 Agustus 2021

DURI (CakapRiau.com) – Bagi para penghobi mancing, mengeksplor spot-spot mancing yang baru mungkin menjadi aktivitas yang rutin. Spot mancing yang bagus dan banyak ikannya sudah pasti diburu.

Namun siapa yang tak tahu, bahwa Sungai Rangau yang terletak di kawasan perbatasan kabupaten Bengkalis dan Rokan Hilir ini banyak dihuni habitat ikan sungai hingga udang.

Meskipun sudah sering dijamah para pemancing, sungai Rangau memang dikenal menjadi spot mancing favorit dan dihuni ragam ikan air tawar.

Di sini, terdapat beragam jenis ikan sungai, mulai dari ikan baung, ikan lele, ikan patin, ikan ruting atau gabus hingga udang galah.

Lokasi sungai yang luas membentang tak menjadi halangan, sebab masyarakat yang bermukim di seputar sungai Rangau menyediakan perahu pompong dan boat untuk disewakan kepada para pemancing.

Untuk bisa sampai ke sana, dari pusat kota Duri, jarak yang ditempuh untuk sampai ke sungai Rangau sekitar 30 kilometer, atau estimasi waktu sekitar setengah jam.

Lokasi sungai rangau itu bisa dilalui lebih cepat melewati kawasan Jurong, Rangau, Kabupaten Bengkalis. Para pemancing yang menuju ke sana akan melintasi jalanan aspal yang dibangun perusahaan migas dan akan bermuara ke aliran sungai Rangau.

Di sana, warga setempat sudah menyediakan perahu pompong dan boat yang bisa disewa oleh pemancing. Untuk harganya, sewa boat tersebut relatif murah.

Pemancing hanya perlu membayar Rp 100 ribu, maka sudah bisa berkeliling dan menikmati spot memancing di sungai yang luas tersebut.

Tak jarang, para pemancing yang sudah naik ke darat, akan membawa berkilo-kilo hasil pancingan. Bahkan tak jarang juga pemancing yang mendapatkan udang galah selebar telapak tangan.

Namun jika takut menggunakan perahu, pemancing bisa memanfaatkan pinggiran sungai sebagai tempat menaruh kail, tak mesti berlayar di sungai.

Pemancing asal Duri, Jeni dan Iyon mengaku mendapatkan sensasi mancing yang tiada duanya di tempat lain. Sebab, warga yang hobi memancing ini menyewa boat untuk menyusuri sungai.

“Kalau pergi mancing ke Sungai Rangau, kita bisa sewa boat. Nanti mancingnya dari atas boat tadi, kalau takut naik boat juga bisa di tepi sungai,” ungkapnya.

Biasanya, mereka akan memanfaatkan waktu luang untuk pergi memancing.

Ia membagikan tips, untuk memancing di sungai Rangau agar jangan tanggung-tanggung membawa pancing dan mata kail.

“Ikannya besar-besar, banyak ikan baung. Udang juga. Tapi kalau udang, mancingnya pakai kail khusus, lebih kecil,” tuturnya.

Dalam sebulan, karyawan swasta ini selalu menyempatkan minimal dua sampai tiga kali untuk pergi memancing ke lokasi spot sungai Rangau itu.

Jika akhir pekan, kawasan sungai Rangau akan lebih ramai dari biasanya. Para pemancing datang dari berbagai daerah, ada yang dari Duri, Rokan Hilir bahkan dari kabupaten tetangga, Rokan Hulu.

Nah bagi para penghobi mancing, spot mancing Sungai Rangau bakal menawarkan sensasi yang tiada duanya.

Anda yang tak memiliki boat untuk menyusuri sungai, jangan khawatir. Warga setempat yang ramah-ramah akan menawarkannya kepada anda untuk menyusuri lubuk ikan di sungai tersebut.(PI/CKR)

Keterangan foto:Dua orang warga tengah memancing. 

Banner-Top

Baca Juga

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Whatsapp