Selamat Datang Di Website cakapriau.com

Masjid Agung Islamic Center, Ikon Wisata Religi Negeri Seribu Suluk

Minggu, 12 September 2021

ROHUL (CakapRiau.com) – Masjid Agung Islamic Center yang terletak di komplek Perkantoran Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hulu merupakan tempat salah satu destinasi wisata religi di Riau.

Kabupaten berjuluk negeri seribu Suluk ini patut berbangga, sebab kemegahan masjid tersebut menjadi salah satu masjid percontohan yang ada di Indonesia.

Bagian depan bangunan masjid ini mengadopsi masjid modern bergaya arabia dengan kubah besar berdiameter 25 meter di atap bangunan utama.

Setiap hari, masjid yang terletak di kota Pasir Pangaraian ini selalu ramai dikunjungi masyarakat. Selain melaksanakan ibadah rutin 5 waktu, pengunjung juga bisa menikmati kemegahan masjid yang letaknya menjulang seperti di atas bukit tersebut.

Bangunan masjid ini juga diapit empat menara yang kokoh di setiap sudut bangunan, dengan tinggi masing masing 66.66 meter dan ditambah dengan satu menara utama setinggi 99 meter yang terpisah dari bangunan utama masjid.

Juga memiliki 9 pintu sebagai akses bagi para pengunjung. Masing masing 3 pintu ini berada di tiga sisi bangunan masjid.

Selain bangunan yang megah dan halaman yang luas, pengunjung masjid juga sering menjadikan halaman depannya sebagai latar berfoto. Kemolekan masjid ini juga semakin lengkap dengan banyaknya burung-burung merpati yang setiap hari menghiasi halaman tersebut.

Seorang pengunjung masjid Agung Islamic Center Rokan Hulu, Anto (30) mengungkapkan kekagumannya dengan bangunan megah itu. Menurut dia, masjid yang sudah dibangun dan menjadi ikon Kabupaten Rokan Hulu ini mesti terus dijaga dan dipelihara.

“Kita patut berbangga, sebab di Riau dan Rokan Hulu khususnya memiliki masjid yang megah. Ini menjadi daya tarik wisata religi,” ungkapnya, belum lama ini.

Selain kemolekan itu, masjid ini juga dihiasi dengan tulisan kaligrafi serta lampu gantung seberat 2 ton yang terbuat dari pelat kuningan dari Italia merupakan bukti bahwa interior masjid ini memiliki keindahan yang luar biasa.

Selain itu, terdapat beragam batu hias seperti batu oksi dari Jawa Timur, batu akik dari Kalimantan dan Turki, batu Cris Topas dari Jawa Barat dan batu kalimaya yang berasal dari Banten.

Pada bagian pinggir masjid juga terdapat rantai yang merupakan simbol persatuan umat Islam, 8 bilah pedang sabilillah Khaidir Ali, 16 busur panah Syaidina Ali bin Abi Tholib dan 8 tombak Abu Bakar Assiddiq, ditambah dengan bunga Kusuma yang menjadi lambang kejayaan Islam dan dikelilingi surat Al-Fatihah, surat Al-Kafirun, surat Annas serta 99 Asmaul Husna.

Warga lain, Annisa Nabila (26) juga mengungkapkan hal yang serupa. Warga asal Duri, Kabupaten Bengkalis ini sampai rela menempuh waktu 3 jam untuk sampai ke masjid yang berada di jantung ibu kota Rokan Hulu tersebut.

“Mengunjungi masjid ini merupakan kepuasan batin, apalagi ibadah di masjid inim Selama ini kita tahu hanya lewat media, bahwa di Riau ada masjid megah. Tapi kali ini saya baru melihat langsung, dan sungguh luar biasa,” kata dia.

Tak melewatkan momen religius, ia pun melaksanakan ibadah salat langsung di masjid itu.

Memasuki waktu Zuhur, jamaah masjid Islamic Center berduyun-duyun hadir untuk melaksanakan salat berjamaah. Mereka yang datang beragam, ada yang merupakan warga setempat maupun dari luar daerah.

•Menampung hingga 20.000 Jamaah

Masjid megah dan bernuansa modern ini mampu menampung sebanyak 15.000 sampai 20.000 jamaah.

Pembangunan masjid ini digagas oleh Bupati Rokan Hulu pada masanya, Drs. H Achmad M.Si, dan menjadi ikon Kabupaten Rokan Hulu. Dibangun pada tahun 2008, dan diresmikan penggunaannya pada Jumat 25 Syaban 1431 H, bertepatan dengan 6 Agustus 2010 Masehi.

Saat itu bangunan masjid ini diresmikan Bupati H Achmad M.Si dengan menghadirkan Ustadz kondang, Dai sejuta umat KH Zainuddin MZ yang bertindak selaku Khatib pada Sholat Jumat saat itu.

Bangunan masjid Agung Islamic Center ini didirikan diatas lahan seluas 22 hektar dengan luas bangunan 15.800 meter persegi dan berdaya tampung mencapai 15.000 hingga 20 000 jemaah. Pembangunannya di danai dengan dana dari APBD Kabupaten Rokan Hulu, menghabiskan setidaknya 400 miliar.

Fitur utama bangunan masjid ini terdiri bangunan utama masjid dan bangunan plaza yang dikelilingi oleh arcade. Arsitektur masjid mengadopsi bangunan masjid modern bergaya arabia dengan kubah besar.

Masjid ini dilengkapi dengan sarana pendukung seperti MCK dan tempat wudhu yang nyaman dan bersih, juga dilengkapi dengan perpustakaan digital dan manual, TV Madani, radio daerah, poliklinik, aula serbaguna, toserba serta ruangan belajar yang dilengkapi dengan akses internet.

•Menara 99 meter

Masjid Agung Islamic Center Rokan Hulu ini selain menjadi tempat beribadah juga menjadi salah satu tempat wisata religi di kabupaten Rokan Hulu dengan salah satu fitur menariknya adalah memandang kota Pasir Pangaraian dari ketinggian menara Masjid.

Menara ini dibangun menjulang tinggi hingga 99 meter. Dari atas, kita bisa melihat pemandangan kota Pasir Pangaraian.

Bahkan, masjid Agung Islamic Center di Kabupaten Rokan Hulu ini menjadi masjid terbaik di Indonesia untuk tahun 2015 versi Kementerian Agama. Masjid ini mengungguli 509 masjid lain di 33 provinsi.

Prestasi diraih oleh Masjid Agung Madani Rohul sebagai Masjid Agung Percontohan Paripurna sudah meliputi penilaian kategori Idarah, Imarah, dan Riayah, berdasarkan keputusan Dewan Penilai Masjid Agung Percontohan Nomor 01/DPM.MA/XI/2015, tentang penetapan Masjid Agung Percontohan Tingkat Nasional Tahun 2015.(PI/CKR)

Banner-Top

Baca Juga

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Whatsapp