Selamat Datang Di Website cakapriau.com

Viral Wajah-wajah Penculik di Pekanbaru, Kapolresta: Itu Hoaks

Sabtu, 11 September 2021

PEKANBARU (CakapRiau.com) – Kabar viral yang menggegerkan warga kota Pekanbaru, Riau kembali terjadi. Setelah sebelumnya tersiar kabar berupa voice note tentang kasus penculikan di kawasan perumahan, kini kembali beredar foto wajah-wajah para penculik.

Mendapati hal itu, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Pria Budi menjelaskan bahwa informasi tersebut menyesatkan alias hoaks.

“Itu hoaks, kita perlu waspada namun jangan termakan isu HOAX yang akan menimbulkan keresahan di tengah masyarakat,” kata Pria Budi, Jum’at (10/9/2021).

Menurut perwira ini, kasus penculikan sampai dengan hari ini di Pekanbaru tidak ada. Kabar-kabar mengenai isu tersebut dipastikan tidak benar.

“Sampai saat ini belum ada kasus penculikan di wilayah hukum Polresta Pekanbaru,” ungkapnya.

Juga mengenai kabar viral penculikan yang terjadi di kawasan perumahan wilayah hukum Polsek Tampan beberapa waktu lalu, Pria menjelaskan bahwa hal itu belum terbukti keberaniannya.

“Nyatanya tidak ada yg laporan anaknya diculik (sampai sekarang),” tuturnya.

Kombes Pol Pria Budi pun menunjukan beberapa bukti bahwa informasi berisikan foto-foto pelaku penculikan di Pekanbaru itu hoaks. Ia mengirimkan link dari kominfo.go.id yang menjabarkan kebohongan berita itu.

Dalam situs Kominfo itu, beredar postingan berupa tangkapan layar dari pesan berantai WhatsApp yang berisi foto-foto pelaku penculikan anak.

Faktanya, hal tersebut terkait dengan hoaks selebaran foto pelaku penculikan anak pada tahun 2018 lalu. Pelaku penyebarnya sudah ditangani oleh Polres Blitar.

Dan juga informasi yang dikutip dari situs turnbackhoax.id dengan judul artikel [SALAH] Pesan Berantai “WASPADA PENCULIKAN ANAK”.

Nyatanya kasus itu sudah ditangani oleh Polres Blitar pada tahun 2018. Pelaku mendapatkan informasi dari Facebook lalu menyebarkan kembali tanpa sebelumnya memeriksa kebenarannya.(PI/CKR)

Banner-Top

Baca Juga

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Whatsapp