Mahasiswa KKN UNRI Bantu Masyarakat Lakukan Pelepasan Benih Udang di Desa Pancur Jaya Rupat

Minggu, 11 September 2022

BENGKALIS(Cakapriau.com)-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata(KKN) Universitas Riau bersama masyarakat budidaya udang di desa Pancur Jaya Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis melakukan pelepasan bibit udang,(17/7/2022) lalu.
 
Kegiatan ini dilakukan mahasiswa Unri dalam rangka menggali ilmu pengetahuan terkait budidaya udang yang selama ini ditekuni masyarakat desa Pancur Jaya Rupat sebagai penunjang perekonomian.
 
Kepada media Cakapriau.com,Mia Salmiati mahasiswi Universitas Riau menyampaikan bahwa kehadiran mahasiswa Unri melakukan KKN di desa Pancur Jaya Rupat ini salah satunya ingin menggali ilmu pengetahuan tentang budidaya udang,tulisnya.
 
“Saat melaksanakan KKN di desa Pancur Jaya Kecamatan Rupat ini salah satu dari tempat budidaya udang milik warga tengah melakukan proses tahap panen. Kelompok Mahasiswa KKN UNRI lansung terjun membantu warga tersebut untuk panen sekaligus pelepasan bibit udang.
 
Masih kata Mia,dari hasil pengetahuan yang didapat dilapangan bahwa  
terkait tahapan persiapan sebelum pelepasan benih udang adalah setelah proses panen dilakukan dikolam udang dimana sebelumnya harus melakukan pengaplikasian GDM SaMe Granule Bio Organic dan GDM Black BOS.
 
Tujuannya agar kondisi kolam yang akan di isi bibit udang air tawar jenis udang Vaname bisa terbebas dari bibit hama-penyakit. Selain itu, pengaplikasian produk juga sangat efektif untuk membentuk pakan alami, serta menyumbang nitrogen dan fosfat, sehingga air kolam sangat cocok untuk diberikan bibit udang galah.Setelah itu kolam udang harus didiamkan selama kurang lebih 1 minggu.Hal ini bertujuan agar pakan alami bisa terbentuk dikolam.Para pekerja(masyarakat) budidaya udang juga harus mengamati perkembangan pakan alami tersebut.
 
Penggunaan produk GDM Organik yang terdiri dari GDM SaMe Granule Bio Organic dan GDM Black BOS bisa mempercepat pertumbuhan pakan alami sekaligus memperbanyak jumlahnya. Setelah mengetahui informasi persiapan pelepasan benih udang kelompok mahasiswa KKN UNRI Desa Pancur Jaya kemudian membantu proses pelepasan benih udang baru ke kolam bersama pekerja budidaya udang,tutup Mia.
 
Penulis :Mia Salmiati Mahasiswi UNRI

Banner-Top

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Whatsapp